cek di sini

Kamis, 20 Juli 2023

APA ITU MPLS SD ?

SD NEGERI 1 GENENGAN - (17/7/2023) MPLS adalah kependekan dari "Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah" atau sering disebut sebagai "Masa Orientasi Sekolah" (MOS). MOS adalah periode singkat di awal tahun ajaran di sekolah dasar di mana siswa baru diperkenalkan ke lingkungan sekolah, guru, staf, dan siswa lainnya.



(Kegiatan pengenalan warga sekolah)

(siswa-siswi bersalam dan pengenalan etika kepada guru dan tenaga kependidikan)

Selama MOS, siswa baru biasanya mengikuti serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Aktivitas yang umum dilakukan selama MPLS di sekolah dasar antara lain:

Penerimaan dan registrasi siswa baru: Siswa baru diterima secara resmi dan melakukan proses pendaftaran administratif.




(kegiatan menjalin keakraban antar siswa baru dengan guru)

Sambutan dan pengenalan sekolah: Guru dan staf sekolah memberikan sambutan kepada siswa baru dan menjelaskan tentang aturan, kebijakan, dan tata tertib sekolah.

(kegiatan pengenalan warga sekolah kepada siswa baru)

(kegiatan pengenalan visi misi dan program sekolah)

Tur sekolah: Siswa baru diberi tur sekolah untuk mengenali fasilitas dan area-area penting, seperti kelas, perpustakaan, ruang olahraga, kantin, dan toilet.

(kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah)

Pembekalan kurikulum: Siswa diberi informasi tentang mata pelajaran, jadwal pelajaran, dan ekspektasi akademik di sekolah dasar.


Kegiatan pengenalan siswa: Siswa diberi kesempatan untuk berkenalan dengan siswa lainnya melalui permainan, aktivitas kelompok, atau ice-breaking.

(kegiatan pengenalan antara teman dan guru)

(kegiatan pengenalan etika antara teman dan guru)

Penyuluhan dan keselamatan: Informasi tentang keselamatan di sekolah, aturan-aturan lalu lintas, kesehatan, dan kebersihan dapat diberikan kepada siswa baru.


Orientasi kegiatan ekstrakurikuler: Siswa diperkenalkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, seperti olahraga, seni, musik, atau klub-klub tertentu.


MPLS di sekolah dasar bertujuan untuk membantu siswa baru merasa nyaman, diterima, dan siap menghadapi lingkungan belajar yang baru. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan teman sekelas dan membangun relasi sosial yang positif di sekolah.


Untuk Materi MPLS Tahun 2023 bisa di DOWNLOAD DISINI


Previous Post
Next Post

0 comments:

more link